Analisis Telaah Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Untuk Siswa SMP Kelas VIII
Identitas
Buku :
a.
Judul Buku : Bahasa
Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII
b.
Pengarang : Nunung Nurohmah dan Emah Khuzaemah
c.
Tebal Buku : viii + 176
halaman
d.
Harga Buku : Rp. 25.000
e.
Jenis Buku : Buku Teks
f.
Penerbit : PT. SARANA PANCA KARYA NUSA
g.
Tahun Terbit : 2011
h.
ISBN : 978-979-678-378-3
Hal-hal
yang akan diteliti meliputi :
1. Fisik
Jika dilihat dari
fisik buku Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs kelas VIII terlihat tidak ada yang cacat.
Setelah mengamati segi fisik yang
terlihat pada buku, dapat ditemukan pelbagai hal di antaranya sebagai berikut.
a.
Cover
buku
Pada
Cover
buku, terlihat kurang menarik. Sebab kontras warna yang kurang cocok, penggunaan gambar yang minim, gambar yang dipakai hanya gambar sesorang yang
sedang membaca koran dan di bawah gambar terdapat gambar buku yang menurut kami
terlalu memaksakan.
b.
Jenis kertas
Jenis
kertas yang digunakan oleh buku ini kurang bagus, karena kertasnya kurangnya tebal.
c.
Warna buku
Warna
buku yang ada dalam buku menurut kami kurang
menarik. Hanya terdapat dua warna dalam buku, yaitu warna biru dan hitam.
d.
Lem buku
Lem dalam buku cukup baik, sebab lem tertempel cukup kuat.
e.
Ukuran buku
Ukuran
buku menurut kami cukup baik, tidak terlalu besar
dan kecil. Ukurannya
yang berkisar antara : 25 x 18 cm
memudahkan guru/siswa untuk dibawa
kemana-mana.
2.
Tujuan
Jika dilihat dari
kata pengatar tujuan penulisan buku sudah baik karena penulis menuliskan
tujuan-tujuan dalm pembelajaran agar dalam pembelajarn Indonesia lebih mengarah
pada upaya peningkatan kemampuan berbahasa. Tujuan penulisan buku untuk
mendukung hal tersebut, lebih mengarah pada upaya meningkatkan kemampuan
berbahasa. Upaya tersebut dapat berupa, kemampuan mendengarkan dan menulis
iklan serta kemampuan bersastra, misalnya mendengarkan pembacaan kutipan novel
atau cepen.
3. Pendekatan
Sudut pandang dalam penyusunan buku, materi yang dituliskan disusun
berdasarkan Standar Kompetensi Dasar dan disesuaikan dengan perkembangan zaman
serta kebutuhan dalam belajar. Berdasarkan
pengamatan pada buku teks ini, pendekatan yang lebih dominan pada proses pembelajaran
interen. Pada setiap pembelajaran (pelajaran)
pada buku teks ini, setelah pemaparan materi/wacana terdapat dilengkapi dengan latihan dan kegiatan. Ini bertujuan
untuk mengarahkan
peserta didik untuk lebih mendalam dan mengasah kembali materi ajar. Kumudian dilanjutkan dengan kegiatan
pengayaan.
4. Materi
Materi yang terdapat
dalam buku Bahasa
Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII
disusun dengan menuliskan Pelajaran disetiap materi pelajaran.
1.
Mendengarkan
a.
Mendeskrifsikan Tempat atau Arah
b.
Menanggapi Laporan
c.
Menemukan Informasi secara cepat dan tepat dari
Ensiklopedia
d.
Mengidentifikasi Karakter Tokoh Novel Remaja
e.
Mendeskrifsikan Alur Novel Remaja (Asli atau Terjemahan )
yang Dibacakan
f.
Mendeskrifsikan Alur Cerita, Pelaku dan Latar Novel.
g.
Mengemukakan Kembali berita
h.
Menemukan Pokok-pokok Berita
2.
Menulis
a.
Menulis Laporan dengan Bahasa
yang Baik dan Benar
b.
Menulis Kreatif Naskah Drama
Satu Babak
c.
Menulis Kreatif Naskah Drama
d.
Menulis Petunjuk
e.
Menulis Surat Dinas
f.
Membuat Sinopsis Novel Reamaja
Indonesia
g.
Menulis Puisi Bebas dengan
Menggunakan Pilihan kata yang sesuai
h.
Menulis Teks Berita secara
Singkat, Padat, dan Jelas
i.
Menulis Slogan/Poster untuk
Berbagai Keperluan
j.
Menulis Puisi Bebas
k.
Menulis Rangkuman Buku Ilmu
Pengetahuan Populer
3.
Membaca
a.
Menganalisis Laporan
b.
Menyimpulkan Isi Suatu Teks
dengan Membaca Cepat 250 Kata Permenit
c.
Bermain Peran sesuai dengan
Naskah yang Ditulis
d.
Mengenali Ciri-ciri Umum Puisi
dari Antologi Puisi
e.
Menemukan Masalah Utama dari
Berbagai Berita yang Bertopik Sama Melalui Membaca Ekstensif
f.
Menjelaskan Unsur Intrinsik dalam Novel Remaja
g.
Menemukan Informasi untuk Bahan
Diskusi
4.
Berbicara
a.
Berwawancara dengan Narasumber
dari Berbagai Kalangan
b.
Menyampaikan Laporan secara
Lisan
c.
Menanggapi Unsur Pementasan
Drama
d.
Bermain Peran dengan Cara
Improvisasi sesuai dengan Kerangka Naskah yang Ditulis
e.
Menanggapi Unsur Pementasan
Drama
f.
Berwawancara dengan Narasumber
g.
Mengevaluasi Pemeran Tokoh
dalam Pementasan Drama
h.
Menyampaikan Persetujuan,
Sanggahan, dan Penolakan Pendapat dalam Diskusi
i.
Menanggapi Hal yang Menarik
dari Kutipan Novel Remaja
j.
Membacakan Teks Berita
k.
Mengomentari Kutipan Novel
Remaja (Asli atau Terjemahan)
l.
Membacakan Acara dengan Bahasa
yang Baik dan Benar serta Santun
m.
Menyampaikan Persetujuan,
Sanggahan, dan Penolakan Pendapat dalam Diskusi
5. Media/Sarana pembelajaran
Media yang digunakan
dalam kegiatan penugasan disesuaikan dengan materi yang dipelajari atau
dibahas. Media atau
sarana pembelajaran yang digunakan oleh buku ini di antaranya sebagai berikut.
Media atau sarana pembelajaran yang digunakan oleh buku ini di
antaranya sebagai berikut.
1)
Menggunakan media Surat Dinas (pada kegiatan latihan hal.76
pelajaran 5)
2)
Menggunakan media Peta Lokasi (pada kegiatan latihan hal. 12
pelajaran 1)
3) Menggunakan novel (pada
kegiatan latihan hal. 84
pelajaran 5)
4) Menggunakan buku yang berhubungan Ilmu Pengetahuan Populer
(pada kegiatan latihan hal.161 pelajaran 10)
5) Menngunakan teks Drama (
pada kegiatan latihan hal. 55 pelajaran 3)
6. Evaluasi
Instrument
evaluasi yang digunakan buku ini adalah sebagai berikut.
a. Pelajaran 1
Uji kompetensi
Soal PG (Pilihan
Ganda)
1.
Penggunaan bahasa yang tepat
dalam membuat laporan perjalanan adalah..
a.
Menggunakan kalimat
argumentatif
b.
Menggunakan kalimat naratif
c.
Menggunakan kalimat persuasif
d.
Menggunakan kalimat
komunikatif.
Soal Esai
1.
Jelaskan tiga hal yang harus
diperhatikan saat mendeskrifsikan tempat yang digambarkan dalam denah dengan
konteks yang sebenarnya!
b.
Pelajaran 2
Uji kompetensi
Soal PG (Pilihan
Ganda)
1.
Salah satu ciri drama komedi
adalah....
a.
Memeunculkan rasa kasihan dan
ketakutan
b.
Cerita ini umumnya menampilkan
cerita-cerita ringan
c.
Menampilkan tokoh yang bersifat
kepahlawanan
d.
Banyak memunculkan kejadian
yang bersifat kebetulan
Soal Esai:
1.
Tulislah sebuah laporan
perjalanan singkat berdasarkan pengalaman kalian!
c.
Pelajaran 3
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda)
1.
Unsur intrinsik drama salah
satunya adalah latar, dalam petikan drama di atas yang sangat mendominasi
adalah...
a.
Latar tempat
b.
Latar budaya
c.
Latar waktu
d.
Latar sosial
Soal Esai
1.
Bagaiman melatih diri untuk
dapat membaca cerpen?
d.
Pelajaran 4
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda)
1.
Di dalam ensiklopedia
kalimat-kalimat yang dominan digunakannya adalah kalimat yang berbentuk..
a.
Kalimat berita
b.
Kalimat pernyataan
c.
Kalimat informatif
d.
Kalimat naratif
Soal Esai
1.
Apa yang dimaksud ensiklopedia?
e.
Pelajaran 5
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda):
1.
Bagian surat yang membedakan
antara surat resmi dan tidak resmi adalah...
a.
Tanda tangan
b.
Kepala surat
c.
Titimangsa
d.
Isi surat
Soal Esai
1.
Apa yang dimaksud dengan surat
dinas?
f.
Pelajaran 6
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda):
1.
Sebuah berita akan dihargai
oleh para pembaca karena beberapa alasan, yang tidak termasuk ke dalam alasan
pembaca dalam membaca berita, di antaranya sebagai berikut...
a.
Akurat tidaknya berita
b.
Aktual tidaknya berita
c.
Kesesuaian berita dengan fakta
yang terjadi
d.
Penulis berita
Soal Esai
1.
Jelaskan konsep tentang 5W +
1H!
g.
Pelajaran 7
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda):
1.
Yang termasuk tahap menulis
berita adalah...
a.
Menyusun data pokok berita
b.
Memilih berita dan
memisahkannya
c.
Merangkai data pokok-pokok
berita menjadi berita
d.
Menyunting tulisan
Soal Esai
1.
Sebutkan jenis-jenis berita!
h.
Pelajaran 8
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda):
1.
Cintailah Produksi Dalam Negri
Jenis poster tersebut termasuk poster...
a.
Niaga
b.
Hiburan
c.
Pendidikan
d.
Informasi
Soal Esai
1.
Apa yang disebut dengan
intonasi?
i.
Pelajaran 9
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda):
1.
Dilihat dari jenis paragraf,
paragraf di atas termasuk jenis...
a.
Paragraf deduktif
b.
Paragraf induktif
c.
Paragraf campuran
(deduktif-induktif)
d.
Paragraf deskriptif/naratif
Soal Esai
1.
Sebutkan-jenis-jenis acara yang
membutuhkan pembawa acara!
j.
Pelajaran 10
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda):
1.
Bidang Keluarga Berencana
Nasional (BKKBN) termasuk ke dalam..
a.
Akronim
b.
Sinonim
c.
Singkatan
d.
Simbol
Soal Esai
1.
Hal-hal apa saja yang harus ada
dalam sebuah diskusi?
7. Bahasa yang digunakan
Dilihat dari segi
bahasa dalam buku Bahasa
Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII,
Bahasa yang digunakan cukup baik, tidak terlalu berbelit-belit dan mudah untuk
dipahami serta komunikatif. Buku
ini dilengkapi dengan glosarium yang berguna untuk menjelaskan kosa kata
(bahasa asing/ilmiah) yang cenderung tidak dimengerti oleh peserta didik.
8. Kesesuaian dengan kurikulum
Dalam buku Bahasa
Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII sudah dituliskan pada kata pengantar bahwa
materi yang disusun berdasarkan Standar
Kompetensi Dasar dan disesuaikan dengan perkembangan zaman serta kebutuhan
dalam belajar.
Table
kesesuaian buku teks dengan kurikulum
No. SK/KD
|
Uraian KD
|
Unit
|
%
|
Keterangan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||
MENDENGARKAN
|
|||||||||||||
1.
|
1. Memahami wacana
lisan berbentuk laporan
|
||||||||||||
1.1
|
1.1 Menganalisis laporan
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 1
|
1.2
|
1.2 Menanggapi isi laporan
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
2,7
|
Hal. 20
|
5.
|
5. Mengapresiasi pementasan drama
|
||||||||||||
5.1
|
5.1 Menanggapi
unsur pementasan naskah drama
|
|
|
ü
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Hal. 47&68
|
5.2
|
5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam
pementasan drama
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 80
|
9.
|
9. Memahami isi berita radio/televisi
|
||||||||||||
9.1
|
9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa,
siapa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaimana) yang didengar atau ditonton
melalui radio/televisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
2,7
|
Hal. 153
|
9.2
|
9.2 Mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton
melalui radio/ televisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
2,7
|
Hal. 138
|
13
|
13. Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau
terjemahan) yang dibacakan
|
||||||||||||
13.1
|
13.1 Mengidentifikasi
karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 95
|
13.2
|
13.2 Menjelaskan tema dan latar novel remaja
(asli atau terjemahan) yang dibacakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
13.3
|
13.3
Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 117
|
BERBICARA
|
|||||||||||||
2.
|
2. Mengungkap
berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
|
||||||||||||
2.1
|
2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai
kalangan dengan perhatikan etika berwawancara
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 78
|
2.2
|
2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 23
|
6
|
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan
bermain peran
|
||||||||||||
6.1
|
6.1 Bermain
peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 54
|
6.2
|
6.2 Bermain
peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis
oleh siswa
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 67
|
10.
|
10. Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi
melalui kegiatan diskusi dan protokoler
|
||||||||||||
10.1
|
10.1 Menyampaikan
persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan
bukti atau alasan
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
ü
|
5
|
Hal. 155
|
10.2
|
10.2
Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
2,7
|
Hal. 140
|
14.
|
14. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli
atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
|
||||||||||||
14.1
|
14.1 Mengomentari
kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
|
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
2,7
|
Hal. 132
|
14.2
|
14.2 Menanggapi
hal yang menarik dari kutipan novel
remaja (asli atau terjemahan)
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 116
|
MEMBACA
|
|||||||||||||
3.
|
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
memindai, membaca cepat
|
||||||||||||
3.1
|
3.1Menemukan informasi secara cepat dan
tepat dari ensiklopedi/ Buku
telepon dengan membaca memindai
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 62
|
3.2
|
3.2 Mendeskripsikan tempat atau arah dalam
konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera dalam denah
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 10
|
3.3
|
3.3 Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca
cepat 250 kata per menit
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 38
|
7.
|
7. Memahami teks drama dan novel remaja
|
||||||||||||
7.1
|
7.1 Mengidentifikasi
unsur intrinsik teks drama
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 142
|
7.2
|
7.2 Membuat sinopsis
novel remaja Indonesia
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 82
|
11.
|
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
|
||||||||||||
11.1
|
11. 1 Menemukan
masalah utama dari berbagai berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 110
|
11.2
|
11.2 Menemukan
informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
2,7
|
Hal. 157
|
11.3
|
11.3 Membacakan
teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas
|
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
2,7
|
Hal. 127
|
15
|
15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan)
dan antologi puisi
|
||||||||||||
15.1
|
15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan
latar novel (asli atau terjemahan)
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 120
|
15.2
|
15.2
Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 99
|
MENULIS
|
|||||||||||||
4.
|
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat
dinas, dan petunjuk
|
||||||||||||
4.1
|
4.1 Menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 7
|
4.2
|
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika
yang tepat dan bahasa baku
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 74
|
4.3
|
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan
bahasa yang efektif
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 65
|
8.
|
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan
menulis kreatif naskah drama
|
||||||||||||
8.1
|
8.1 Menulis
kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
-
|
8.2
|
8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah
penulisan naskah drama
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 51
|
12.
|
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk
rangkuman, teks berita, slogan/poster
|
||||||||||||
12.1
|
12. 1 Menulis
rangkuman buku ilmu pengetahuan populer
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
2,7
|
Hal. 159
|
12.2
|
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 113
|
12.3
|
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan
kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasi
|
|
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
2,7
|
Hal. 130
|
16.
|
16. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi
bebas
|
||||||||||||
16.1
|
16.1 Menulis
puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 146
|
16.2
|
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
2,7
|
Hal. 146
|
Jumlah Persentase
|
99
|
|
Dari hasil pengamatan, buku ini memiliki jumlah kesesuaian dengan
kurikulum sebesar 99 %
9. Kelebihan dan kekurangan
a. Kelebihan dalam buku Bahasa
Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII:
1.
Di setiap awal materi, penulis menuliskan indikator yang
harus dicapai, sehingga memudahkan untuk melihat perkembangan sisiwa dalam
proses pembelajaran
2.
Di setiap pertengahan materi pembelajaran, penulis
menyisipkan / menuliskan Info Bahasa. Info Bahasa ini bagus untuk siswa untuk
memberikan pengetahuan terhadap peserta didik sekaligus pembaca.
3.
Di setiap pembahasan materi baru penulis memberikan
pengetahuan khusus terkait dengan materi yang dibahas, dengan menuliskan
Pengayaan.
4.
Setelah itu sebelum ke dalam uji kompetensi, terdapat
Rangkuman materi yang dipelajari pada setiap babnya dan disertai glosarium sehingga memperjelas pengetahuan siswa
terhadap materi yang telah dibahas.
5. Pada akhir uji kompetensi terdapat Refleksi,
refleksi di sini memberikan pertanyaan kepada siswa apakah materi yang dibahas
mengalami kesulitan atau tidak. Menurut saya dengan adanya refleksi memberikan
nilai tambahan bagi sisiwa karena siswa dapat bertanya kepada guru mengenai
kesulitan-kesulitan yang dihadapi, sehingga terjadi interaksi antar murid dan
guru.
b. Kekurangan dalam buku Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII:
1. Di awal buku ini tidak terdapat
kolom SK/KD, yang akan membantu guru dalam menyesuaikan materi pembelajaran
pada setiap kali pertemuan.
2. Buku ini tidak memiliki warna penuh (full colour). Buku ini hanya terdiri
dari 2 jenis warna, yaitu biru dan hitam. Sehingga buku ini tidak terkesan
menarik.
10. Kesimpulan
Buku Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII ini
menurut kami buku ini layak untuk digunakan, karena di dalam buku ini banyak
terdapat nilai tambahan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses belajar
mengajar. Selain itu setelah ditelaah dan dihitung bahwa buku ini sangat layak
karena telah mendapat persentase 99%.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar