Senin, 01 April 2013

Analisis Telaah Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia


Analisis Telaah Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Untuk Siswa SMP Kelas VIII
Identitas Buku :
a.       Judul Buku      : Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII
b.      Pengarang       : Nunung Nurohmah dan Emah Khuzaemah
c.       Tebal Buku      : viii + 176 halaman
d.      Harga Buku     : Rp. 25.000
e.       Jenis Buku       : Buku Teks
f.       Penerbit           : PT. SARANA PANCA KARYA NUSA
g.      Tahun Terbit    : 2011
h.      ISBN               : 978-979-678-378-3
Hal-hal yang  akan diteliti meliputi :
1.      Fisik
Jika dilihat dari fisik buku Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs kelas VIII terlihat tidak ada yang cacat. Setelah mengamati segi fisik yang terlihat pada buku, dapat ditemukan pelbagai hal di antaranya sebagai berikut.
a.       Cover buku
Pada Cover buku, terlihat  kurang menarik. Sebab kontras warna yang kurang cocok, penggunaan gambar yang minim, gambar yang dipakai hanya gambar sesorang yang sedang membaca koran dan di bawah gambar terdapat gambar buku yang menurut kami terlalu memaksakan.

b.      Jenis kertas
Jenis kertas yang digunakan oleh buku ini kurang bagus, karena kertasnya kurangnya tebal.
c.       Warna buku
Warna buku yang ada dalam buku menurut kami kurang menarik. Hanya terdapat dua warna dalam buku, yaitu warna biru dan hitam.
d.      Lem buku
Lem dalam buku cukup baik, sebab lem tertempel cukup kuat.
e.       Ukuran buku
Ukuran buku menurut kami cukup baik, tidak terlalu besar dan kecil. Ukurannya yang berkisar antara : 25 x 18 cm memudahkan guru/siswa untuk dibawa kemana-mana.

2.      Tujuan
Jika dilihat dari kata pengatar tujuan penulisan buku sudah baik karena penulis menuliskan tujuan-tujuan dalm pembelajaran agar dalam pembelajarn Indonesia lebih mengarah pada upaya peningkatan kemampuan berbahasa. Tujuan penulisan buku untuk mendukung hal tersebut, lebih mengarah pada upaya meningkatkan kemampuan berbahasa. Upaya tersebut dapat berupa, kemampuan mendengarkan dan menulis iklan serta kemampuan bersastra, misalnya mendengarkan pembacaan kutipan novel atau cepen.

3.      Pendekatan
Sudut pandang dalam penyusunan buku, materi yang dituliskan disusun berdasarkan Standar Kompetensi Dasar dan disesuaikan dengan perkembangan zaman serta kebutuhan dalam belajar. Berdasarkan pengamatan pada buku teks ini, pendekatan yang lebih dominan pada proses pembelajaran interen. Pada setiap pembelajaran (pelajaran) pada buku teks ini, setelah pemaparan materi/wacana terdapat dilengkapi dengan latihan dan kegiatan. Ini bertujuan untuk mengarahkan peserta didik untuk lebih mendalam dan mengasah kembali materi ajar. Kumudian dilanjutkan dengan kegiatan pengayaan.

4.      Materi
Materi yang terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII  disusun dengan menuliskan Pelajaran disetiap materi pelajaran.
1.      Mendengarkan
a.       Mendeskrifsikan Tempat atau Arah
b.      Menanggapi Laporan
c.       Menemukan Informasi secara cepat dan tepat dari Ensiklopedia
d.      Mengidentifikasi Karakter Tokoh Novel Remaja
e.       Mendeskrifsikan Alur Novel Remaja (Asli atau Terjemahan ) yang Dibacakan
f.       Mendeskrifsikan Alur Cerita, Pelaku dan Latar Novel.
g.      Mengemukakan Kembali berita
h.      Menemukan Pokok-pokok Berita

2.      Menulis
a.       Menulis Laporan dengan Bahasa yang Baik dan Benar
b.      Menulis Kreatif Naskah Drama Satu Babak
c.       Menulis Kreatif Naskah Drama
d.      Menulis Petunjuk
e.       Menulis Surat Dinas
f.       Membuat Sinopsis Novel Reamaja Indonesia
g.      Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Pilihan kata yang sesuai
h.      Menulis Teks Berita secara Singkat, Padat, dan Jelas
i.        Menulis Slogan/Poster untuk Berbagai Keperluan
j.        Menulis Puisi Bebas
k.      Menulis Rangkuman Buku Ilmu Pengetahuan Populer

3.      Membaca
a.       Menganalisis Laporan
b.      Menyimpulkan Isi Suatu Teks dengan Membaca Cepat 250 Kata Permenit
c.       Bermain Peran sesuai dengan Naskah yang Ditulis
d.      Mengenali Ciri-ciri Umum Puisi dari Antologi Puisi
e.       Menemukan Masalah Utama dari Berbagai Berita yang Bertopik Sama Melalui Membaca Ekstensif
f.       Menjelaskan Unsur  Intrinsik dalam Novel Remaja
g.      Menemukan Informasi untuk Bahan Diskusi

4.      Berbicara
a.       Berwawancara dengan Narasumber dari Berbagai Kalangan
b.      Menyampaikan Laporan secara Lisan
c.       Menanggapi Unsur Pementasan Drama
d.      Bermain Peran dengan Cara Improvisasi sesuai dengan Kerangka Naskah yang Ditulis
e.       Menanggapi Unsur Pementasan Drama
f.       Berwawancara dengan Narasumber
g.      Mengevaluasi Pemeran Tokoh dalam Pementasan Drama
h.      Menyampaikan Persetujuan, Sanggahan, dan Penolakan Pendapat dalam Diskusi
i.        Menanggapi Hal yang Menarik dari Kutipan Novel Remaja
j.        Membacakan Teks Berita
k.      Mengomentari Kutipan Novel Remaja (Asli atau Terjemahan)
l.        Membacakan Acara dengan Bahasa yang Baik dan Benar serta Santun
m.    Menyampaikan Persetujuan, Sanggahan, dan Penolakan Pendapat dalam Diskusi

5.      Media/Sarana pembelajaran
Media yang digunakan dalam kegiatan penugasan disesuaikan dengan materi yang dipelajari atau dibahas. Media atau sarana pembelajaran yang digunakan oleh buku ini di antaranya sebagai berikut.
Media atau sarana pembelajaran yang digunakan oleh buku ini di antaranya sebagai berikut.
1)      Menggunakan media Surat Dinas                                     (pada kegiatan latihan hal.76 pelajaran 5)
2)      Menggunakan media Peta Lokasi                                     (pada kegiatan latihan hal. 12 pelajaran 1)
3)      Menggunakan novel                                                          (pada kegiatan latihan hal. 84 pelajaran 5)
4)      Menggunakan buku yang berhubungan Ilmu Pengetahuan Populer         (pada kegiatan latihan hal.161 pelajaran 10)
5)      Menngunakan teks Drama                                                ( pada kegiatan latihan hal. 55 pelajaran 3)

6.      Evaluasi
Instrument evaluasi yang digunakan buku ini adalah sebagai berikut.
a.      Pelajaran 1
Uji kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda)
1.      Penggunaan bahasa yang tepat dalam membuat laporan perjalanan adalah..
a.       Menggunakan kalimat argumentatif
b.      Menggunakan kalimat naratif
c.       Menggunakan kalimat persuasif
d.      Menggunakan kalimat komunikatif.
Soal Esai
1.      Jelaskan tiga hal yang harus diperhatikan saat mendeskrifsikan tempat yang digambarkan dalam denah dengan konteks yang sebenarnya!

b.      Pelajaran 2
Uji kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda)
1.      Salah satu ciri drama komedi adalah....
a.       Memeunculkan rasa kasihan dan ketakutan
b.      Cerita ini umumnya menampilkan cerita-cerita ringan
c.       Menampilkan tokoh yang bersifat kepahlawanan
d.      Banyak memunculkan kejadian yang bersifat kebetulan
Soal Esai:
1.      Tulislah sebuah laporan perjalanan singkat berdasarkan pengalaman kalian!
c.       Pelajaran 3
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda)
1.      Unsur intrinsik drama salah satunya adalah latar, dalam petikan drama di atas yang sangat mendominasi adalah...
a.       Latar tempat
b.      Latar budaya
c.       Latar waktu
d.      Latar sosial
Soal Esai
1.    Bagaiman melatih diri untuk dapat membaca cerpen?

d.      Pelajaran 4
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda)
1.      Di dalam ensiklopedia kalimat-kalimat yang dominan digunakannya adalah kalimat yang berbentuk..
a.       Kalimat berita
b.      Kalimat pernyataan
c.       Kalimat informatif
d.      Kalimat naratif
Soal Esai
1.      Apa yang dimaksud ensiklopedia?

e.       Pelajaran 5
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda):
1.      Bagian surat yang membedakan antara surat resmi dan tidak resmi adalah...
a.       Tanda tangan
b.      Kepala surat
c.       Titimangsa
d.      Isi surat
Soal Esai
1.      Apa yang dimaksud dengan surat dinas?

f.       Pelajaran 6
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda):
1.      Sebuah berita akan dihargai oleh para pembaca karena beberapa alasan, yang tidak termasuk ke dalam alasan pembaca dalam membaca berita, di antaranya sebagai berikut...
a.       Akurat tidaknya berita
b.      Aktual tidaknya berita
c.       Kesesuaian berita dengan fakta yang terjadi
d.      Penulis berita

Soal Esai
1.      Jelaskan konsep tentang 5W + 1H!

g.      Pelajaran 7
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda):
1.      Yang termasuk tahap menulis berita adalah...
a.       Menyusun data pokok berita
b.      Memilih berita dan memisahkannya
c.       Merangkai data pokok-pokok berita menjadi berita
d.      Menyunting tulisan
Soal Esai
1.      Sebutkan jenis-jenis berita!

h.      Pelajaran 8
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda):
1.      Cintailah Produksi Dalam Negri
Jenis poster tersebut termasuk poster...
a.       Niaga
b.      Hiburan
c.       Pendidikan
d.      Informasi
Soal Esai
1.      Apa yang disebut dengan intonasi?

i.        Pelajaran 9
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda):
1.      Dilihat dari jenis paragraf, paragraf di atas termasuk jenis...
a.       Paragraf deduktif
b.      Paragraf induktif
c.       Paragraf campuran (deduktif-induktif)
d.      Paragraf deskriptif/naratif
Soal Esai
1.      Sebutkan-jenis-jenis acara yang membutuhkan pembawa acara!

j.        Pelajaran 10
Uji Kompetensi
Soal PG (Pilihan Ganda):
1.      Bidang Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) termasuk ke dalam..
a.       Akronim
b.      Sinonim
c.       Singkatan
d.      Simbol
Soal Esai
1.      Hal-hal apa saja yang harus ada dalam sebuah diskusi?

7.      Bahasa yang digunakan
Dilihat dari segi bahasa dalam buku Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII, Bahasa yang digunakan cukup baik, tidak terlalu berbelit-belit dan mudah untuk dipahami serta komunikatif. Buku ini dilengkapi dengan glosarium yang berguna untuk menjelaskan kosa kata (bahasa asing/ilmiah) yang cenderung tidak dimengerti oleh peserta didik.

8.      Kesesuaian dengan kurikulum
Dalam buku Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII sudah dituliskan pada kata pengantar bahwa materi yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Dasar dan disesuaikan dengan perkembangan zaman serta kebutuhan dalam belajar.

Table kesesuaian buku teks dengan kurikulum
No. SK/KD
Uraian KD
Unit
%
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
MENDENGARKAN
1.
1.  Memahami wacana  lisan berbentuk laporan
1.1
1.1 Meng­­­ana­lisis laporan
ü   









2,7
Hal. 1
1.2
1.2 Me­nang­gapi isi laporan

ü   





ü       


2,7
Hal. 20
5.
5. Mengapresiasi pementasan drama
5.1
5.1 Menang­­gapi unsur pementasan naskah dra­ma


ü   
ü   






5
Hal. 47&68
5.2
5.2 Menge­valu­asi pemeran tokoh dalam pementasan drama




ü   





2,7
Hal. 80
9.
9. Memahami isi berita radio/televisi
9.1
9.1 Mene­mu­kan pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaima­na) yang di­dengar atau ditonton me­lalui radio/te­levisi









ü   
2,7
Hal. 153
9.2
9.2 Mengemu­kakan kem­ba­li berita yang dide­ngar/ditonton melalui radio/ televisi








ü   

2,7
Hal. 138
13
13. Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan
13.1
13.1 Mengiden­tifikasi karak­ter tokoh no­vel remaja (asli atau ter­jemahan) yang dibaca­kan





ü   




2,7
Hal. 95
13.2
13.2 Menjelas­kan tema dan latar novel remaja (asli atau terje­mah­an) yang dibacakan










-
-
13.3
13.3 Mendes­kripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan






ü   



2,7
Hal. 117
BERBICARA

2.
2. Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan
2.1
2.1 Ber­wa­wan­­cara de­ngan nara­sumber dari berbagai kalangan dengan perhatikan etika ber­wawancara




ü   





2,7
Hal. 78
2.2
2.2 Menya­mpaikan laporan se­cara lisan dengan ba­hasa yang baik dan benar

ü   








2,7
Hal. 23
6
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
6.1
6.1 Bermain peran sesuai dengan nas­kah yang di­tulis siswa


ü   







2,7
Hal. 54
6.2
6.2 Bermain pe­ran dengan cara impro­vi­sasi sesuai de­ngan ke­rangka nas­kah yang di­tulis oleh sis­wa



ü   






2,7
Hal. 67
10.
 10. Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
10.1
10.1 Menyam­paikan perse­tujuan, sang­gahan, dan penolakan pendapat da­lam diskusi disertai de­ngan bukti atau alasan





ü   



ü   
5
Hal. 155

10.2
10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar serta santun








ü   

2,7
Hal. 140
14.
14. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi                          
14.1
14.1 Mengo­men­tari ku­tipan novel remaja (asli atau terje­mah­an)







ü   


2,7
Hal. 132
14.2
14.2 Menang­gapi hal yang menarik dari  kutipan novel remaja (asli atau terje­mah­an)






ü   



2,7
Hal. 116
MEMBACA
3.
 3.  Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
3.1
3.1Mene­mu­kan infor­masi seca­ra cepat dan tepat dari ensik­lopedi/ Bu­­­ku tele­pon de­ngan mem­baca me­mindai



ü   






2,7
Hal. 62
3.2
3.2 Mendeskripsikan tem­pat atau arah dalam kon­teks yang se­benarnya se­suai de­ngan yang tertera dalam denah
ü   









2,7
Hal. 10
3.3
3.3 Menyim­pul­kan isi suatu teks dengan membaca ce­pat 250 kata per menit


ü   







2,7
Hal. 38
7.
7. Memahami teks drama dan novel remaja
7.1
7.1 Mengiden­tifikasi unsur intrinsik teks drama

ü   








2,7
Hal. 142
7.2
7.2 Membuat sinopsis no­vel remaja Indonesia




ü   





2,7
Hal. 82
11.
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
11.1
11. 1 Menemu­kan masalah utama dari berbagai beri­ta yang ber­topik sama melalui mem­baca eks­ten­sif






ü   




2,7
Hal. 110
11.2
11.2 Menemu­kan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif










ü   
2,7
Hal. 157
11.3
11.3 Membaca­kan teks beri­ta dengan in­tonasi yang tepat serta ar­tikulasi dan volume suara yang jelas







ü   


2,7
Hal. 127
15
15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
15.1
15.1 Menjelas­kan alur ceri­ta, pelaku, dan latar no­vel (asli atau terjemahan)






ü   



2,7
Hal. 120
15.2
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari bu­ku antologi puisi





ü   




2,7
Hal. 99   
MENULIS
4.
4.  Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk
4.1
4.1   Menulis laporan de­ngan baha­sa yang ba­ik dan be­nar
ü   









2,7
Hal. 7
4.2
4.2   Menulis surat dinas berkenaan de­ngan kegi­atan sekolah dengan sis­te­matika yang tepat dan bahasa baku




ü   





2,7
Hal.  74
4.3
4.3   Menulis petunjuk me­lakukan sesu­atu dengan urutan yang tepat dan meng­guna­kan bahasa yang efektif



ü   






2,7
Hal. 65
8.
8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
8.1
8.1 Menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak dengan mem­perhatikan keaslian ide










-
-
8.2
8.2 Menulis kreatif nas­kah drama sa­tu babak de­ngan mem­perhatikan ka­idah penu­lisan naskah drama


ü   







2,7
Hal. 51
12.
12.  Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster
12.1
12. 1 Menulis rangkuman buku ilmu pe­ngetahuan po­puler









ü   
2,7
Hal. 159
12.2
12.2 Menulis teks berita secara sing­kat, padat, dan jelas






ü   



2,7
Hal. 113
12.3
12.3 Menulis slogan/poster untuk berba­gai keperluan dengan pi­lih­an kata dan kalimat yang bervariasi, serta per­sua­si







ü   


2,7
Hal. 130
16.
16. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas
16.1
16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai       





ü   




2,7
Hal. 146
16.2
16.2 Menulis puisi bebas dengan mem­perhatikan unsur persa­jakan





ü   




2,7
Hal. 146
Jumlah Persentase
99


Dari hasil pengamatan, buku ini memiliki jumlah kesesuaian dengan kurikulum sebesar 99 %
9.      Kelebihan dan kekurangan
a.       Kelebihan dalam buku  Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII:
1.    Di setiap awal materi, penulis menuliskan indikator yang harus dicapai, sehingga memudahkan untuk melihat perkembangan sisiwa dalam proses pembelajaran
2.    Di setiap pertengahan materi pembelajaran, penulis menyisipkan / menuliskan Info Bahasa. Info Bahasa ini bagus untuk siswa untuk memberikan pengetahuan terhadap peserta didik sekaligus pembaca.
3.    Di setiap pembahasan materi baru penulis memberikan pengetahuan khusus terkait dengan materi yang dibahas, dengan menuliskan Pengayaan.
4.    Setelah itu sebelum ke dalam uji kompetensi, terdapat Rangkuman materi yang dipelajari pada setiap babnya dan disertai glosarium  sehingga memperjelas pengetahuan siswa terhadap materi yang telah dibahas.
5.    Pada akhir uji kompetensi terdapat Refleksi, refleksi di sini memberikan pertanyaan kepada siswa apakah materi yang dibahas mengalami kesulitan atau tidak. Menurut saya dengan adanya refleksi memberikan nilai tambahan bagi sisiwa karena siswa dapat bertanya kepada guru mengenai kesulitan-kesulitan yang dihadapi, sehingga terjadi interaksi antar murid dan guru.

b.      Kekurangan dalam buku  Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII:
1.      Di awal buku ini tidak terdapat kolom SK/KD, yang akan membantu guru dalam menyesuaikan materi pembelajaran pada setiap kali pertemuan.
2.      Buku ini tidak memiliki warna penuh (full colour). Buku ini hanya terdiri dari 2 jenis warna, yaitu biru dan hitam. Sehingga buku ini tidak terkesan menarik.

10.  Kesimpulan
Buku Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII ini menurut kami buku ini layak untuk digunakan, karena di dalam buku ini banyak terdapat nilai tambahan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar. Selain itu setelah ditelaah dan dihitung bahwa buku ini sangat layak karena telah mendapat persentase 99%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar